Tanya Dokter Bayi: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memberikan MPASI Pada Bayi

  • Whatsapp
Dokter Bayi

Tanya dokter bayi untuk seputar masalah MPASI memang sangat penting untuk dilakukan. Terlebih bagi ibu yang baru saja memiliki buah hati untuk pertama kalinya. Pemberian MPASI memang sangat penting bagi seorang bayi setelah bayi secara sempurna melewati fase pemberian ASI eksklusif. Perlu diperhatikan bahwa memberikan MPASI pada bayi memang tidak bisa diberikan secara sembarangan. Mengingat bahwa perut bayi masih sangat sensitif terhadap makanan-makanan asing selain ASI.

Mungkin memang semua orang memang sudah mengetahui apa itu MPASI. Jadi MPASI merupakan makanan pendamping air susu ibu. MPASI sendiri diberikan supaya memberikan gizi yang cukup pada bayi. Karena semakin bertambahnya usia maka kebutuhan gizi untuk bayi juga tentunya akan semakin bertambah. MPASI sendiri bukan berarti sebagai pengganti ASI namun bayi juga masih memerlukan gizi yang di dapatkan dari ASI.

Waktu terbaik untuk memberikan MPASI adalah saat bayi sudah menginjak usia 6 bulan ke atas. Hal ini didasarkan dari panduan WHO (World Health Organization). ASI yang ada pada ibu yang menyusui biasanya akan berkurang jumlahnya saat bayi sudah masuk usia 4 sampai dengan 6 bulan. Dari sinilah maka pemberian MPASI memang sangat perlu untuk diperhatikan. Apabila saat ini Anda sedang memiliki bayi dan kebetulan sudah waktunya untuk memberikan MPASI, berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dan harus diperhatikan:

  • Tentukan waktu yang tepat

Pemberian MPASI yang terlalu dini kepada bayi memang bisa menimbulkan bahaya pada bayi. Hal ini dikarenakan pencernaan pada bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan memang belum sempurna dan leher juga belum kuat untuk menopang kepala dan nantinya akan membuat bayi tersedak oleh makanan. Oleh karena itu, bila Anda sudah berkeinginan untuk memberikan MPASI kepada bayi Anda perhatikan dan pilihlah waktu yang tepat demi keamanan dan keselamatan bayi Anda. Bahkan bila perlu lakukan konsultasi dengan dokter.

  • Perhatikan jenis makanan

Ini merupakan salah satu hal terpenting yang tidak boleh dianggap remeh begitu saja. Dalam memberikan MPASI pada bayi juga harus memperhatikan usia bayi tersebut. Biasanya untuk bayi yang masih berusia 6 bulan disarankan untuk memberikan makanan yang memiliki tekstur lumat. Bila perlu lakukan blender pada makanan dan saring. Semakin bertambah usia bayi biasanya sudah bisa diberikan MPASI dengan tekstur yang lebih kasar.

  • Atur jam saat memberikan MPASI

Memberikan MPASI sesuai dengan waktu yang tepat akan melatih bayi untuk memahami kapan jam dan waktunya untuk makan. Usahakan untuk memberikan MPASI selalu tetap jam nya setiap harinya. Waktu yang terbaik untuk memberikan MPASI adalah mulai jam 08.00 pagi, jam 12.00 serta jam 16.00. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jeda antara pemberian ASI dan MPASI yang paling baik adalah 2 jam saat lambung bayi dirasa sudah mulai kosong.

Apabila ibu adalah seseorang yang sibuk dan tidak memiliki cukup banyak waktu dan kebetulan memang tidak ada yang membantu untuk mengurus bayi di rumah, menyiapkan MPASI untuk beberapa kali makan tidak ada salahnya. Akan tetapi dengan syarat makanan tersebut harus di simpan dengan benar dan ditempatkan di kulkas atau freezer yang bersih. Jadi makanan bisa tetap sehat dan aman. Bagi yang masih bingung dengan masalah MPASI Anda bisa melakukan konsultasi dengan tanya dokter bayi yang tersedia di aplikasi halodoc.