Kondisi Finansial yang Harus Sudah Dimiliki di Usia 40 Tahun

  • Whatsapp
Kondisi Finansial yang Harus Sudah Dimiliki di Usia 40 Tahun

Ketika usia terus bertambah, terkadang kita lupa apa yang sudah kita siapkan untuk menghadapi masa-masa tua. Usia 40 tahun adalah usia yang sudah memasuki sepertiga usia produktifitas akhir sebelum memasuki usia pensiun rata-rata di usia 55 tahun.

Supaya tidak berujung pada penyesalan, ada beberapa gambaran kondisi secara umum di usia 40 tahun dengan pencapain-pencapaian finansial yang makin mapan menghadapi masa pensiun. Pola pikir pun harus diubah, jangan hanya memanfaatkan dana cepat untuk kepentingan konsumtif, tetapi harus lebih produktif demi masa depan yang lebih mapan.

Memiliki tabungan tiga kali pendapatan tahunan

Orang-orang Amerika rata-rata sudah memiliki tabungan dengan jumlah tiga kali dari pendapatan tahuannya. Perhitungan tersebut cukup masuk akal jika usia kerja sudah dimulai sejak 20 tahun atau 15 tahun sebelumnya.

Perhitungan sederhana, jika rata-rata pendapatan tahunan sebesar Rp60 juta, maka setidaknya tabungan yang harus dimiliki di usia 40 tahun adalah sekitar Rp180 juta.

Untuk mencapai angka tersebut ada berbagai cara yang bisa dilakukan, mulai dari menyisihkan pendapatan bulanan sebesar 10 persen hingga berinvestasi ke beberapa instrumen investasi mulai dari emas hingga pasar modal seperti reksadana dan saham.

Memiliki asuransi jiwa dan kesehatan

Selain tabungan dan investasi, orang-orang yang sudah kepala empat seharusnya sudah memiliki dua proteksi. Usia 40 dianggap rawan dengan berbagai penyakit. Menghadapi hal tersebut yang paling penting adalah memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Asuransi kesehatan sangat penting agar urusan biaya rumah sakit sudah ada yang menanggung. Lain lagi dengan asuransi jiwa. Asuransi jiwa memang manfaatnya tidak dirasakan oleh nasabah, melainkan dirasakan oleh orang yang ditinggalkan atau ahli waris.

Itulah mengapa orang-orang yang sudah berkeluarga atau memiliki anak dianjurkan memiliki asuransi jiwa sehingga harapannya ketika meninggal dunia, keluarganya tetap bisa memiliki standar kehidupan yang layak selepas tulang punggung keluarga pergi.

Memiliki dana darurat minimal untuk 8 bulan

Hal lain yang juga penting adalah memiliki dana darurat. Usia kepala empat biasanya sudah mencapai posisi yang tinggi entah itu sebagai kepala seksi atau kepala departemen. Dalam kondisi demikian sebenarnya akan lebih mudah untuk memenuhi dana darurat untuk 8 bulan ke depan.

Dana darurat bukan hanya dibutuhkan dikala berkaitan dengan kondisi kesehatan, tetapi juga bisa digunakan ketika tiba-tiba terkena PHK, harus memperbaiki sesuatu yang belum ada anggarannya, tanggung jawab kepada orang lain, dan lain halnya yang tidak perlu harus menggadaikan aset atau bahkan menjualnya demi menutupinya.

Oleh karena itu, pastikan di usia dini sudah menyiapkan segalanya sehingga akan lebih dimudahkan saat dibutuhkan. Meskipun saat ini sudah ada beberapa solusi yang bisa dipilih terutama dalam kondisi mendesak.

Beberapa fintech, kini dapat menyalurkan dana cepat cair untuk kebutuhan darurat sekalipun. Tetapi, besarannya pun harus ditentukan dengan bijak utamanya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan finansial.

Layanan pinjaman dana kini tak hanya dapat digunakan untuk kebutuhan konsumtif semata, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk utang produktif dan juga saat butuh untuk kondisi darurat seperti pemeriksaan ke rumah sakit atau pembelian obat. Bahkan untuk renovasi rumah di saat musim hujan atau rumah rusak karena banjir pun bisa diajukan secara online.

Misalnya seperti Kredivo yang menyediakan pinjaman mini dan pinjaman jumbo dengan bunga pinjaman Kredivo sebesar 2.95% per bulan. Tenor pinjaman bisa dipilih dan disesuaikan dengan pilihan 3 bulan atau 6 bulan cicilan sehingga tidak terlalu memberatkan tetapi tetap ringan.

Proses pendaftarannya juga sangat mudah. Calon nasabah tinggal mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store, kemudian ajukan pendaftaran menjadi member reguler agar bisa mengajukan pinjaman mini dan pinjaman jumbo dengan kredit limit hingga Rp30 juta.

Kredivo memberikan syarat-syarat yang sangat mudah dipenuhi, diantaranya adalah:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Unduh saja aplikasi resminya melalui Google Play Store maupun App Store, kemudian dapatkan kemudahan mendapatkan pinjaman dana cepat dari Kredivo secara online sekarang juga!

Related posts