Inilah Keutaman dan Doa untuk Orang Tua yang sudah Meninggal, Yuk Amalkan

Doa untuk Orang Tua yang sudah Meninggal

Hal penting yang harus diketahui bagi setiap umat muslim disaat orangtunya meninggal dunia adalah berbakti dengan terus mendoakannya. Walaupun sudah meninggal, seorang anak tetap berkewajiban untuk mendoakan orang tua.

Hal ini menegaskan bahwa orang tua yang sudah tiada pun masih memiliki hak untuk mendapatkan pahala yang berlimpah dari doa yang dibacakan anak-anaknnya. Telah mengutip dari sumber yang terpecaya, berikut adalah doa untuk orang tua yang sudah meninggal.

  • Doa untuk orang tua

Adapun doa untuk orang tua yang sudah meninggal yang bisa dibacakan setelah sholat fardhu sebagai berikut:

“Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.”
Artinya: Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

  • Doa untuk Orang Tua yang sudah Meninggal

Dengan membaca doa untuk orang tua yang sudah meninggal akan akan memberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Berikut doanya:

“Allahummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘afihim, wa’fu ‘anhum. Allahumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafa’ata ‘ala ahlil quburi min ahli la ilaha illallahu Muhammadun rasulullah.
Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa’at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.

Akan menjadi lebih sempurna jika mendoakan orang tua yang sudah meninggal ditutup dengan doa sapu jagad, sholawat nabi, dan Surah Al-Fatihah.

“Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn.” Al-Fatihah.

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Allah, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan selawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (baca Surat Al-Fatihah).

Keutamaan Doa untuk Orang Tua yang sudah Meninggal

Perlu diketahui bahwa mengirimkan doa untuk orang tua yang sudah meninggal dapat memberikan banyak keutamaan. Antara lain.

  • Untuk Memohon Ampunan

Dengan membacakan doa untuk orang tua yang sudah meninggal bisa menjadi permohonan ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang dilakukan secara sengaja ataupun tidak sengaja selama hidup mereka.

Hal ini juga tertera dalam Firman Allah surah Al-Isra (17:23), “Dan katakalah, “Ya Tuhanku, kasihilah mereka keduanya (orang tua) sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku di waktu kecil”.

  • Untuk Mengirim Pahala

Dengan membacakan doa, menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengirimkan pahala kepada orang tua yang sudah meninggal.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba akan mendapat pahala selama hidupnya sampai tiba-tiba datang kematian, lalu berhenti pahalanya, kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang shalih untuknya” (HR. Muslim).

  • Menjadi Kebaikan bagi Orang Tua

Dengan membacakan doa yang tulus dan iklas kepada orang tua yang sudah meninggal bisa menjadi bentuk kebaikan bagi mereka.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Apabila seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang shalih untuknya” (HR. Muslim).

  • Memperkuat Hubungan antara Anak dan Orang Tua

Dengan kekuatan doa, dapat memberikan kekuatan dan mempererat hubungan antara anak dengan orang tua yang sudah tiada. Hal ini untuk memberikan ketenangan bagi orang tua dan manfaat spiritual sebagai anak terhadap orang tuanya.

Related posts