Dampak Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

  • Whatsapp
Dampak Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Dewasa ini, kegiatan mengkonsumsi kafein sangat digemari oleh masyarakat luas, terutama oleh anak muda dan para pekerja. Anak muda biasanya mengkonsumsi kafein sebagai gaya hidup baru. Nongkrong di kafe untuk bercengkrama dengan teman, biasanya ditemani oleh konsumsi kafein. Begitu pula para pekerja, biasanya untuk menambah energi dan menyegarkan tubuh ketika sedang bekerja, agar tidak mudah mengantuk ketika bekerja.

Minuman berkafein yang paling sering dikonsumsi adalah kopi, teh, minuman bersoda dan minuman berenergi. Kafein memang bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara tepat. Manfaat tersebut antara lain menghindari peradangan, menyehatkan selaput jantung

Dampak Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Kebanyakan orang dewasa tidak merasakan efek keracunan kafein jika yang dikonsumsi kurang dari 250 mg (sekitar 2,5 cangkir kopi) per hari. kita bisa merasakan dampaknya jika mengkonsumsi diluar batas rekomendasi, yaitu 400 mg per hari. Sifat stimulan kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung.

Kafein yang terlalu banyak dapat menyebabkan “kegelisahan akibat kafein”, yaitu perasaan gelisah dan khawatir. Jika dikonsumsi lebih banyak lagi, bisa-bisa kita jadi cepat tersinggung, kurang tidur, memicu kecemasan, dan menyebabkan diare. Meski demikian, para peneliti menemukan bahwa tubuh akan beradaptasi dengan asupan kafein, sehingga minum minuman berkafein tidak akan meningkatkan kebutuhan kita untuk minum air.

Tanda-tanda yang bisa terlihat apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi kafein, antara lain:

  • Jantung Berdebar

Kafein merupakan stimulan alami bagi sistem saraf yang bisa meningkatkan detak jantungmu. Jika terlalu banyak mengkonsumsinya, akan mengakibatkan palpitasi jantung atau jantung berdebar-debar.

  • Hiperaktif

Kafein dapat memicu pelepasan hormon seperti adrenalin. Ini akan membuatmu gelisah, resah, dan nggak bisa diam atau hiperaktif. Kalau kita sering mengetuk-ngetukkan kaki, memainkan jemari, atau bangkit dari kursi dan bergerak tanpa kita mengerti alasannya, bisa jadi kita sudah terlalu banyak mengkonsumsi kafein.

  • Dehidrasi

Minuman berkafein umumnya bersifat diuretik. Artinya, minuman ini bisa membantu mengeluarkan cairan dalam jumlah berlebih dari dalam tubuh.

  • Bermasalah pada Perut

Minuman berkafein bersifat asam, sehingga dapat menstimulasi sistem pencernaan yang bikin perutmu mulas, mual, dan diare. Bahkan, dalam beberapa kasus, kafein yang berlebihan dapat memicu kram perut. Oleh karena itu, perempuan yang sedang dalam masa menstruasi disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi.

  • Heartburn

Selain menimbulkan masalah pada pencernaan, sifat asam pada kopi bisa menimbulkan gejala heartburn. Heartburn terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala ini ditandai dengan sensasi panas seperti terbakar di dalam dada setelah minum kopi. [3]

Pakar kesehatan dari American Medical Association Council on Scientific Affairs menyarankan agar kita mengonsumsi kopi hanya 250 miligram atau sekitar tiga cangkir per hari. Namun, kandungan kafein dalam setiap jenis minuman juga berbeda-beda. Untuk menentukan berapa banyak kafein dalam minuman yang kita konsumsi, Czerwony menyarankan untuk membaca label kemasan.

Kandungan kafein bervariasi dan tergantung pada berbagai faktor. Rata-rata kandungan kafein dalam setiap jenis minuman sebagai berikut:

  1. Kopi, Kafein dalam secangkir kopi berbeda-beda tergantung apakah kopi tersebut jenis instan, kopi seduhan manual, atau tanpa kafein. “Bertentangan dengan kepercayaan populer, kopi yang diklaim tanpa kafein pun masih mengandung sejumlah kecil stimulan tersebut,” kata Czerwony. Kopi yang diseduh secara manual biasanya mengandung 65 hingga 120 miligram kafein. Kopi instan biasanya mengandung 60 hingga 85 miligram kafein. Kopi tanpa kafein biasanya mengandung sekitar dua hingga empat miligram kafein.
  2. Teh, Secangkir teh juga mengandung kafein dalam jumlah yang berbeda-beda, tergantung jenisnya. Teh hitam biasanya mengandung sekitar 20 hingga 90 miligram kafein. Teh hijau biasanya mengandung 20 miligram kafein dan teh putih mengandung sekitar 15 miligram kafein. Teh yang benar-benar bebas kafein adalah teh herbal.
  3. Minuman berenergi, Minuman berenergi mengandung kafein dan gula. Kandungan kafein dalam satu porsi minuman berenergi biasanya berkisar 80 miligram hingga 320 miligram.
  4. Cokelat, Satu ons coklat hitam biasanya mengandung 20 mg kafein, sedangkan coklat susu dengan jumlah yang sama mengandung sekitar enam miligram kafein. [1]

Jadi kita boleh untuk mengkonsumsi kafein, namun perlu diingat bahwa kita tidak boleh mengkonsumsi minuman berkafein secara berlebihan, karena banyak sekali dampak negatif bagi tubuh kita.

Ada baiknya kita batasi untuk meminum minuman berkafein dan beralih ke minum air mineral yang memang terpercaya dan banyak manfaatnya. Seperti AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan di Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dari sana, proses penyaringan alami dari batu-batuan vulkanis terjadi. Itulah yang memungkinkan keberadaan kandungan mineral di dalam air AQUA.

Untuk memastikan kemurnian, proses produksi pun dilakukan dengan standard higienis yang tinggi, memastikan tidak ada campur tangan manusia dalam prosesnya. Di dalam air AQUA memang terdapat sejumlah mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti natrium, kalium, klorida, kalsium, dan magnesium.

Dalam menentukan sumber air, AQUA melakukan analisis minimal satu tahun untuk memilih sumber air yang dapat diolah menjadi air minum yang aman, bersih, tidak berasa, dan tidak berbau. Hal ini juga ditambah dengan melakukan 400 kali lebih pemeriksaan kualitas berikutnya supaya memastikan air tetap berkualitas. Dengan demikian, keamanan air AQUA pasti terjamin.[4]

  1. https://health.kompas.com/read/2020/06/10/180000268/mengenal-efek-negatif-dan-manfaat-kafein-untuk-kesehatan?page=all
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3620742/kenali-dampak-terlalu-banyak-konsumsi-kafein
  3. https://www.inibaru.id/kulinary/kenali-7-tanda-kamu-sudah-konsumsi-kafein-terlalu-banyak
  4. https://www.sehataqua.co.id/cara-memilih-air-minum-terbaik-untuk-dikonsumsi-setiap-hari/

Related posts