Cemilan Manis Khas Kota Jakarta yang Cocok untuk Oleh-oleh

  • Whatsapp
Roti Buaya

Kuliner khas Jakarta memang sangat beraneka ragam dan menyajikan rasa yang lezat nan nikmat. Mulai dari kuliner asin, manis hingga minuman banyak tersedia di Jakarta. Jika kamu sedang berada di Jakarta dan ingin mencoba kuliner khas Jakarta, berikut kami berikan rekomendasi kuliner cemilan khas Jakarta yang enak dan nikmat. Penasaran kan apa saja? Yuk simak informasinya.

  1. Roti Buaya

Kuliner manis pertama yaitu Roti Buaya. Kuliner ini adalah roti yang selalu disajikan ketika ada acara penting pada budaya betawi. Roti buaya ini memiliki panjang sekitar 50cm yang biasanya dibawa oleh mempelai laki-laki yang diberikan kepada pengantin wanita dalam suatu acara lamaran atau pernikahan adat betawi. Namun kamu tidak perlu menunggu sebuah adat perkawinan betawi karena roti buaya sudah banyak dijual di toko roti di mal mal Jakarta.

  1. Kue Cucur

Kue cucur adalah salah satu kue tradisional khas Betawi yang sering dan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun di toko kue. Kue ini juga dapat ditemui di tempat-tempat seperti di upacara pernikahan, potong rambut bayi dan lainnya. Kue cucur ini rasanya manis dengan tekstur lembut di bagian tengahnya, serta renyah di bagian pinggirnya. Kue berbahan dasar beras dan gula merah ini dimasak dengan cara digoreng. Termasuk salah satu makanan khas betawi wajib kamu coba dengan harga yang sangat terjangkau.

  1. Dodol Betawi

Kuliner manis ini menang terkenal sebagai oleh-oleh khas betawi Jakarta. Kuliner ini sangat nikmat dan cocok untuk oleh-oleh dirumah. Cara membuat camilan khas betawi dengan cara tradisional menggunakan kuali besar sangatlah unik dan menarik. Kuali yang bernama Kenceng ini berukuran diameter 50 cm sampai 1 meter. Dodol ini dibuat dari kelapa dan ketan menjadikanya lengket dan kenyal.

  1. Putu Mayang

Kue ini memang kue tradisional khas Jakarta lainnya. kue ini berbentu seperti mie yang terbuat dari tepung kanji atau tepung beras. Campuran putu mayang ini terdiri dari santen kelapa yang disajikan dengan kinca manis atau gula jawa cair. Putu mayang disajikan beraneka warna yang sangat menarik dan sangat cocok sekali untuk kamu yang suka dengan cemilan manis.

  1. Kue Rangi

Kue rangi adalah salah satu kue tradisional Betawi yang masih sering kita jumpai di berbagai tempat di Jakarta. Kue khas betawi dari campuran kelapa parut dan tepung sagu ini disajikan dengan saus gula merah yang menjadi kental dengan campuran sagu. Kalau di bandung mirip seperti bandros namun kue rangi ini berasa manis.

  1. Kue Talam

Kue talam adalah salah satu jenis camilan tradisional Betawi yang mudah ditemukan di mana saja di Indonesia. Kue ini dibuat dengan bahan baku tepung seperti tepung beras, tepung tapioka, tepung terigu atau tepung sagu. Ini juga cocok untuk kamu beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau temanmu.

  1. Kue Pancong

Kue pancong adalah camilan tradisional Betawi. Umumnya camilan khas Betawi ini bentuknya setengah lingkaran, dibuat dari santan, tepung besar, kelapa, dan garam. Kue ini biasanya dimakan di sore hari di samping teh hangat. Kue ini ditambah dengan potongan kelapa dan taburan gula pasir diatasnya.

Itulah beberapa kue khas Jakarta yang bisa kamu cicipi. Jika kamu berencana berkunjung ke Jakarta, kamu bisa memesan tiket pesawat di Blibli.com. khususnya kamu yang berada di Pekanbaru, kamu bisa memesan tiket pesawat pekanbaru Jakarta di Blibli.com dengan penawaran harga yang menarik.

Related posts