5 Langkah Membasmi Tikus di Dalam Rumah

  • Whatsapp
Langkah Membasmi Tikus

Mungkin kalian sering mendengar suara deicitan tikus atau kalian mungkin sering mendengar suara langkah yang berjalan diatas rumah kalian, atau suara-suara gesekan di atap rumah kalian. siapa sih yang tidak kesa dengan kehadiran hewan pengerat yang masuk ke dalam rumah, selain mereka adalah hewat yang kotor tikus juga seringkali merusak peralatan-peralatan karena mereka selau menggigiti semua barang dan makanan. dengan adanya tikus di dalam rumah dapat berpengaruh terhadap kesehatan, tikus adalah hewan yang menyebarkan penyakit, memicu asma dan alergi yang lebih parah. Tikus juga seringkali membawa penyakit bawaan makanan seperti salmonella.

Tidak seperti hama lainnya, tikus adalah salah satu hama yang bisa kita tangani sendiri (jika memang maish dalam jumlah yang wajar). Pada artikel kali ini kami akan memberikan langkah-langkah untuk mengusir tikus dari rumah kalian dengan menggunakan jebakan. Yuk simak artikel cara mengusir tikus!

  1. Temukan pola tikus

Tikus merupakan hewan nocturnal, biasanya mereka aktif dari senja hingga pagi. Tetapi sebenarnya mereka bisa beraktivitas kapan saja. tanda pertama dari adanya tikus dirumah kalian adalah adanya kotoran tikus. Tikus biasanya bergerak dekat dengan dinding dan mereka seringkali menghindari ruang terbuka. Tikus bisa menggerogoti lubang pada rumah kalian terutama pintu dari kayu, bahkan tikus ini bisa masuk kedalam lubang yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya. Kalian harus memeriksa tempat-tempat yang mungkin jadi tempat persembunyian tikus seperti dibelakang furniture, ditempat-tempat lain yang tidak terganggu dirumah kalian. tikus biasanya membuat sarang dari kertas dan bahan berserat lainnya ditempat terlindung dengan panas yang konstan seperti lemari es, pemanas air, kap mobil dan tempat lainnya.

  1. Pilih perangkat tikus terbaik

Untuk mengangkap tikus kita harus menggunakan jebakan terbaik. lem tikus adalah salah satu jebakan tikus paling murah yang efektif untuk menangkap tikus. Hal yang paling penting dalam menyimpan jebakan tikus adalah kita mengetahui kemana tikus itu selalu berjalan-jalan dan kita juga harus menaruh jebakan tikus dekat dengan pintu jalur masuk dan keluar tikus tersebut.

  1. Pilih umpan tikus dengan bijak

Saat memasang jebakan tikus pastinya kita membutuhkan umpan. Umpan terbaik untuk tikus adalah makanan dengan kalori yang tinggi. Tikus sangat tertarik dengan makanan-makanan yang berkalori tinggi seperti cokelat, keju, selai kacang, daging dan makanan lainnya. tikus juga sering membuat sarang mereka dengan menggunakan kertas, kapas tisu dan barang lainnya yang berserat. Jadi barang-barang itu juga bisa berfungsi sebagai umpan.

  1. Tempatkan perangkap di tempat yang tepat

Tikus biasanya bergerak disepanjang dinding. Kalian perlu memasang perangkap di sudut dinding yang tepat. Kenakan sarung tangan saat kalian menangani perangkap tikus agar tikus tidak mencium bau kalian pada perangkap, karen sebelum mendekati atau memakan sesuatu tikus seringkali mengendus-endusnya terlebih dahulu. Tempat terbaik untuk menyimpan perangkap tikus yairu pada ruangan tertutup seperti dalam lemari, dibawah furniture atau peralatan lain, disekitar kompor, over, dan dekat kolong mobil.

  1. Periksa perangkap tikus

Periksalah perangkap tikus setiap pagi hari, biasanya dihari pertama kalian memasang perangkap kalian akan mendapatkan banyak tikus dibandingkan hari-hari berikutnya. Segera buang tikus yang kalian tangkap. Jika kalian menangkap beberapa ekor tikus bukan berarti kalian sudah menangkap semua tikus. Tikus berkembang biak dengan cepat, kemungkinan besar mereka membentuk koloni dan beranak pinak. Oleh karena itu buat perangkap tikus secara rutin dan selalu bersihkan rumah kalian agar terhindar dari tikus.

Related posts